Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Pendaftaran Online um.ptkin.ac.id Terbaru 2024/2025

Tata Cara Pendaftaran Online https://um.ptkin.ac.id/ Terbaru 2024/2025 - Pendaftaran UM-PTKIN, Daftar UM-PTKIN, Pembayaran UM-PTKIN, Prodi UM-PTKIN, PTKIN, Info PTKIN, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Tertulis UM-PTKIN, SSE UM-PTKIN, Cara UM-PTKIN, Panduan UM-PTKIN, Alu Pendaftaran UM-PTKIN, Berita UM-PTKIN, Mengikut Ujian UM-PTKIN.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan sekaligus menjadi ekonomi syariah terbesar di dunai hal itu mendorong baik bisnis, ekonomi, pendidikan, IT dan hampir semua sektor membutuhkan kenaga kerja ahli syariah dan di prediksi kedepan akan semakin tinggi peluang kerja dibang syariah.

Semua itu membutuhkan lulusan PTKIN tidak heran jika setiap tahun peminat PTKIN semakin meningkat drastis, tidak hanya mereka dari sekolah pesantren saja yang boleh mendaftar PTKIN tetapi siswa/i berasal dari sekolah umum juga bisa, seiring tingginya minat dan antusias pelajar kami turut ingin berkontribusi dalam edukasi digital.



Dimana memberikan informasi bagi yang belum mengetahui secara rinci bagaimana proses pendaftaran PTKIN, terdapat beberapa jalur masuk PTKIN diantaranya jalur tertulis melalui UM-PTKIN menggunakan sistem ujian tertulis, setiap peserta dapat mendaftar secara pribadi langsung melalui online

Untuk yang berminat mengikuti pendaftaran UM-PTKIN tahun ini berikut kami berikan rincian mengani tata cara pendaftaran UM PTKIN, Tata Cara Pembayaran UM-PTKIN, Tata Cara Pemilihan PTKIN, sampai tata cara mengikuti Ujian, dikutip dari panduan Pendaftaran https://um.ptkin.ac.id/ namun sudah di ringkas secara padat singkat dan jelas agar mudah dipahami untuk lebih jelas simak seperti berikut ini :


Tata Cara Pendaftaran

Untuk mengikuti pendaftaran UM-PTKIN silahkan kunjungi https://um.ptkin.ac.id/ apabila sudah berhasil masuk klik menu "Daftar" Ada beberapa data yang harus dilengkapi oleh setiap peserta seperti berikut :
  1. Mengisi Biodata :Setelah mengkik menu "Daftar peserta wajib mengisi form pendaftaran meliputi biodata sesuai identitas resmi, 1 NIK hanya bisa digunakan satu kali mendaftar isi semua data secara lengkap setelah itu lanjut ke data lainnya.
  2. Melengkapi Data Berkebutuhan Khusus :  dimana bagi yang memiki berkebutuhan khuusu diisi namun bagi yang tidak memiliki kebutuhan khusus diisi dengan "Tidak"
  3. Data Pendidikan : bagi lulusan tahun lalu atau dua tahun yang lalu wajib mengisi no ijasah/SKL sementara untuk lulusan tahun ini isi NISN.
  4. Data Pendidikan Pesantren : bagi yang pernah mengikuti pendidikan pesantren silahkan disi nama pesantren dan lama, namun jika tidak pernah silahkan pilih ke "Tidak Pernah"
  5. Data Nilai Rapot : Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melengkapi data nlai rapor siswa, silahkan input nilai total baik nilai pengetahuan atau mata pelajaran dari kelas X/I, semester 2, kelas X/II dan Semester 3 Kelas XI/I.
  6. Mengisi Survey : peserta wajib mengisi survei pelaksaan ujian UM-PTKIN terkait dengan kebijakan tertentu sesuai protokol kesehatan
Setelah semua lengkap sesuai identitas resmi dokumen yang sudah benar, dapat melanjutkan ke proses berikutnya klik "Lanjut"


Tata Cara Pembayaran

Jika sukses akan masuk ke pembayaran dimana klaian bisa mengecek kembali data yang sudah diisi  apakah sedah sesuai atau belum apabila ada yang ingin di perbaiki dapat melakukan "Edit Profil" jika data sudah selesai silahkan ikuti panduan pembayaran seperti berikut :
  1. Klik menu "Bayar Sekarang" pilih metode pembayaran yang kalian inginkan.
  2. Slip pembayaran akan muncul dan dapat langsung di Dowload atau cetak.
  3. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller bank BNI, BRI, Mandiri,Transfer bank lain dan Mobile Bangking.
  4. Namun jika bingung di rekomendasikan membayar melalui Teller langsung.


Tata Cara Pemilihan Kampus dan Prodi

Pemilihan PTKIN dan Prodi dapat dilakukan apabila siswa/i yang bersangkutan sudah melakukan prosedur pembayaran di Bank, berikut langkah pemilihan PTKIN dan Prodi :
  1. Buka situs resmi https://um.ptkin.ac.id/
  2. Pilih Menu "Login" Input Slip Instruksi Pembayaran dan PIN yang sudah di dapat dari pembayaran sebelumnya.
  3. Klik "Login".
  4. Pertama yang harus dilakukan jika sudah berhasil login adalah upload foto resmi terbaru ukuran 3x4 dengan ukuran minimal 1 mb. Kik Unggah jika sudah lanjut ke proses berikutnya.
  5. Upload Scan Foto Ijasah, Rapor dan Kartu siswa sesuai ukuran yang tertera pada laman resmi.
  6. Setelah berhasil upload klik menu "Lanjut".
  7. Setelah berhasil upload persyaratan peserta dapat langsung memilih PTKIN dan Prodi dengan 3 pilihan maksimal dimana 2 PTKIN dan 1 PTN yang dibawah kordinasi direktorat pendidikan tinggi keagaan islam Kementerian Agama.
  8. Setelah memilih prodi silahkan tentukan lokasi ujian, pilih lokasi terdekat dari domisili.
  9. Jika kedua pilihan tersebut sudah terisi  akan tampil data prodi yang dipiih dan lokasi klik "Lanjut" untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  10. Peserta dapat mengecek kembali apakah data sudah benar atau belum.
  11. Setelah itu pilih "Ikuti Ujian SSE"
  12. Proses pendaftaran selesai.


Tata Cara Cetak Kartu Ujian

Jika semua proses sudah diselesaikan dengan benar setiap peserta dapat mendownload kartu ujian pada wakt yang sudah ditentukan untuk melakukan cetak kartu berikut caranya :
  1. Buka kembali https://um.ptkin.ac.id/
  2. Pilih menu "Daftar"
  3. Klik menu "Login"
  4. Masukan No SIP dan PIN pendaftaran.
  5. Jika berhasil masuk akan tampil menu Cetak Kartu Peserta ujian dengan klik menu "Kartu Ujian"

Tata Cara Mengikuti UJian SSE UM -PTKIN
  1. SSE adalah singkatan dari sistem sleksi eketronik dilaksanakan sesuai tempat lokasi, sesi dan waktu yang tertera pada kartu ujian.
  2. Peserta wajib menaati semua ketentuan yang berlaku sebelum mengikuti tes.
  3. Wajib mematuhi semua aturan kesehatan.