Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pendaftaran Online UTBK SBMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023

Cara Pendaftaran Online UTBK SBMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023 - Info pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran SBMPTN, Jalur Masuk SBMPTN, Jalur Tertulis SBMPTN, Penerimaan SBNMPTN, Pendaftaran UTBK, Registrasi Akun LTMPT UTBK, Pendaftaran LTMPT SBMPTN, Cara Daftar SBMPTN, Pendaftaran Online UTBK SBMPTN LTMPT.

SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana jalur ini menggunakan sistem ujian tertulis berskala nasional dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, sistem seleksi tertulis ini disebut juga sebagai tes UTBK, tahukah kalian nilai UTBK memilih banyak manfaat selain menentukan kelulusan SBMPTN nilai juga bisa digunakan untuk mendaftar PTN Jalur Mandiri.

Bahkan akhir-akhir ini pemerintah melalui LTMPT mengurutkan 1000 sekolah terbaik berdasarkan hasil nilai UTBK, jadi menurut admin SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk yang penting apabila teman-teman sekalian ingin kuliah di PTN, tidak ikut jalur ini artinya sudah melewatkan dua jalur masuk PTN, jangan sampai hal itu terjadi.


Untuk yang mau kuliah di PTN wajib ikut SBMPTN, meski pelaksanaan SBMPTN masih jauh ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh peserta diantaranya membuat akun LTMPT UTBK, dilaksanakan sekitar 1-2 bulan lebih awal. Tidak ada alasan untuk tidak ikut karena jalur ini tidak ada persyaratan khusus yang memberatkan.

Cukup mudah untuk mendaftar dapat dilakukan secara pribadi melalui online, tetapi pastikan kalian menyiapkan uang pendaftaran yang harus dibayar, bagi yang memilih jurusan tertentu wajib bayar juga biaya tes keterampilan, informasi tambahan lainnya harus lulusan 3 tahun terakhir bisa dihitung dari mulai tahun ini dan dua tahun kebelakang.

Bagi yang berminat tetapi belum paham mengenai proses pendaftaran, tidak usah kwatir admin sudah memberikan pembahasan Cara Pendaftaran Online SBMPTN.ac.id, dimulai dari buat akun, daftar awal, bayar, lengkapi data, hingga cetak kartu ujian untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 

Siswa melakukan registrasi akun LTMPT

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin mengikuti UTBK SBMPTN maka siswa diwajibkan untuk melakukan registrasi akun LTMPT sehingga memudahkan untuk melanjutkan proses pendaftaran. 
  2. Siswa bisa melakukan registrasi dengan mengunjungi laman berikut ini https://portal.ltmpt.ac.id/
  3. Pada portal ini nantinya siswa akan melakukan pengisian data hingga melewati proses data secara permanen untuk pendaftaran UTBK SBMPTN. 
  4. Lakukan aktivasi, validasi dan selesaikan pendaftaran akun.
  5. Khusus peserta yang sudah pernah ikut SNMPTN tinggal melakukan validasi akun UTBK SBMPTN
  6. Setelah berhasil melakukan registrasi akun, maka siswa diminta untuk login menggunakan akun LTMPT, atau yang bisa diakses pada laman berikut ini https://portal.ltmpt.ac.id/

 

Memilih menu pendaftaran SBMPTN

  1. Setelah berhasil registrasi atau login akun LTMPT maka langkah selanjutnya siswa diminta untuk memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN 
  2. Isi form biodata, seperti data keluarga, data keuangan, data pendidikan. 
  3. Upload juga pas foto.

Mengisi kebutuhan khusus

  1. Siswa kemudian akan diarahkan untuk mengisi data atau form kebutuhan khusus apabila diperlukan. Jika siswa tidak memerlukan kebutuhan khusus maka bisa melewati laman berikut ini dengan klik selanjutnya. 
  2. Kirim

 

Siswa dengan pendaftaran skema KIP Kuliah Berbayar

  1. Untuk siswa yang mendaftar UTBK SBMPTN melalui skema KIP kuliah berbayar, maka siswa diminta untuk mengisi nomor pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi). 
  2. Siswa bisa mendapatkan nomor pendaftaran KIP di laman berikut ini kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

 

Pembayaran

  1. Setelah mengisi beberapa form di beberapa poin di atas, maka langkah selanjutnya adalah mencetak slip pembayaran sesuai dengan biaya UTBK SBMPTN yang telah ditentukan pada laman LTMPT.
  2. Siswa diminta untuk melakukan pembayaran pada bank yang menjadi mitra LTMPT. Beberapa bank yang menjadi mitra LTMPT adalah Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri. 
  3. Pembayaran dapat dilakukan melalui mobile bangking, atm, dan teller.
  4. Siswa melakukan pembayaran pada bank mitra menggunakan nomor slip pembayaran yang sudah dimiliki waktu 2 x 24 jam.
  5.  Jika melewati kurun waktu yang telah ditentukan maka siswa diminta melakukan pendaftaran ulang dari tahapan awal.

 

Login ke akun LTMPT

  1. Setelah berhasil melakukan pembayaran, siswa bisa login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/login menggunakan email dan kata sandi yang tadi telah dibuat di proses registrasi. 
  2. Atau bisa melalui website sbmptn.ac.id
  3. Isi form yang masih kosong. 

 

Memilih program studi dan universitas

  1. Langkah yang selanjutnya adalah siswa diminta untuk memilih program studi dan universitas (PTN). 
  2. Siswa diharuskan memilih paling banyak dua program studi di satu PTN yang sama ataupun dari PTN yang berbeda.
  3. Atau mungkin bisa memilih kedua program studi pada 1 jenis PTN.
 
Upload Berkas
  1. Biasanya panitia meminta anda untuk mengupload file persyaratan.
  2. Pastikan ukuran dan format sesuai intruksi yang diberikan.
  3. Hanya jika dibutuhkan.

 

Memilih lokasi UTBK

  1. Karena SBMPTN merupakan jalur seleksi dengan mengikuti tes atau ujian, maka setelah memilih menu pendaftaran SBMPTN siswa akan diarahkan ke laman untuk memilih tempat atau lokasi UTBK dimana siswa akan mengikuti UTBK SBMPTN. 
  2. Pilih juga jenis tes yang akan diikuti. 
  3. Pilih jadwal sesuai dengan yang diinginkan.

 
Melakukan konfirmasi data pendaftaran

  1. Tahapan selanjutnya setelah siswa berhasil mengisi form bagi yang diwajibkan adalah melakukan konfirmasi data pendaftaran. 
  2. Siswa diminta untuk memeriksa kembali apakah data yang diisikan pada form pendaftaran sudah benar dan sesuai atau belum? Jika dirasa masih ada yang salah atau tidak sesuai maka siswa bisa mengeditnya lebih dulu. 
  3. Namun, jika sudah maka siswa bisa melakukan finalisasi data secara permanen, yang artinya peserta sudah tidak bisa mengubah lagi data mereka.

 

Mencetak kartu tanda bukti peserta SBMTPN

  1. Langkah terakhir setelah finalisasi data adalah siswa mencetak kartu tanda bukti sebagai peserta UTBK-SBMPTN yang nantinya akan dibawa ketika siswa mengikuti UTBK SBMPTN. 
  2. Untuk melakukan cetak kartu ujian pastikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  3. Anda bisa login sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Pendaftaran Online UTBK SBMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023"