Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SNBP 2024/2025 Kapan Dibuka ?

SNBP 2024/2025 Kapan Dibuka ? - SNBP merupakan agenda sekolah yang dipersiapkan sejak jauh-jauh hari untuk mengapresisasi prestasi siswa selama sekolah, tujuannya adalah agar hasil belajar siswa disekolah tidak sia-sia. Jika ditanya kapan Pendaftaran SNBP Dibuka ? sejak awal Desember berlanjut hingga Januari dan Februari setiap tahun. Namun persiapan SNBP sudah dilakukan sejak awal pertama kali siswa belajar di sekolah kelas X. 
 
Sekolah yang baik sudah mempersiapkan siswa sejak kelas X dimulai dengan memberikan arahan dan sosialisasi kuliah. Saya sendiri merupakan guru yang memgajar di SMA/SMK beruntung sekali sekolah kami sangat peduli dan sigap dalam mempersiapkan siswa/i mengikuti SNBP, dimana siswa akan mendapatkan sosialisasi pentingnya kuliah sejak kelas X bahkan terus diingatkan sepanjang tahun mengenai pentingnya kuliah. 
 
 

 
Anak yang mendapatkan PIP juga terus dipantau dengan memanggil orang tua setiap pencairan untuk memberikan laporan hasil belajar selama sekolah, dengan harapannya penerima PIP dapat melanjutkan pendidikan tinggi menggunakan KIP Kuliah. Ada beragam orang tua yang datang dari mulai tukang ojek, tukang becak, bahkan pekerja serabutan yang memenuhi sekolah. 
 
Persiapan dari sekolah sudah dilakukan jauh-jauh hari sedangkan siswa/i mempersiapkan SNBP melalui belajar dan hasil yang sudah dicapai selama kelas X, XI, XII. di Akhir tahun hingga awal tahun merupakan jadwal pelekasanaan SNBP, diawali dengan sekolah mengisi data PDSS siswa kandidat yang akan mengikuti SNBP.
 
Kriteria pemilihan siswa yang berhak mengikuti seleksi SNBP siswa yang memiliki prestasi akademik, dibuktikan dengan peringkat 10 besar secara akademik, apakah siswa yang tidak masuk memiliki rangkin bisa daftar SNBP, jawabanya tentu karena prestasi tidak hanya akademik saja tetapi juga prestasi seperti olahraga, seni maupun lainnya juga bisa ikut SNBP asalkan pemilihan program studi sesuai dengan prestasi. 
 
Beberapa hal yang harus diperhatikan lainnya saat memilih program studi atau jurusan siswa tidak diperkenankan memilih jurusan berbeda dengan jurusan saat sekolah. Kecuali bidang keterampilan, proses pengajuan dan pendaftaran SNBP juga tidak bisa dilakukan oleh siswa sendiri, semua wewenang proses seleksi harus berdasarkan persetujuan sekolah. Hampir dipastikan jika sekolah tidak mendaftarkan siswa yang bersangkutan tidak bisa ikut seleksi SNBP.
 
Sekolah mulai sibuk mempersiapkan SNBP sejak bulan Desember akhir, siswa yang memiliki prestasi selama sekolah biasanya akan dipanggi dan ditanyai apakah ingin kuliah atau tidak, mereka yang tidak ingin kuliah tidak perlu mendaftar, sementara untuk siswa yang ingin kuliah, memiliki prestasi selama sekolah, bisa mengajukan KIP Kuliah. Khusus untuk pemegang PIP juga dapat melanjutkan program tersebut sampai kuliah. Adapun timeline yang pendaftaran SNBP akan dimulai sejak bulan Desember hingga april.


Desember 2023

Persiapan sekolah untuk mengisi PDSS data siswa/i yang akan mengikuti seleksi SNBP, hanya mereka yang mesuk dalam peringkat kelas dapat mengikuti seleksi, bagi yang tidak masuk urutan peringkat namun memiliki prestasi non akademik dapat melaporkan hal tersebut ke sekolah agar bisa mendaftar. Rata-rata sekolah akan mengirim siswa/i yang memiliki nilai rapot baik diatas rata-rata 7 selama sekolah. Setelah proses persiapan pada bulan desember sekolah akan mulai melakukan input data, siswa/i yang ingin ikut SNBP harus terus berkordinasi dengan sekolah.


Januari 2024

Beberapa persyaratan dan kelengkapan pendaftaran SNBP harus diselesaikan selama periode bulan januari, karena banyaknya siswa yang akan mengikuti ujian SNBP proses input data memang memakan waktu cukup lama oleh sebab itu sekolah harus menyesaikan pengisian data, dan melakukan validasi hingga finalisasi pengisian PDSS. Bersamaan dengan sekolah mengisi data PDSS siswa yang ingin kuliah baik jalur SNBP maupun SNBT harus membuat akun. Khusus yang ikut jalur SNBP harus membuat akun hingga tahap finalisasi akun selesai. Setelah pendaftaran untuk SNBP selesai mereka yang tidak terpilih seleksi SNBP bisa mempersiapkan pembuatan akun SNBT.


Feberuari 2024

Pendaftaran SNBP dilakukan pada bulan ini semua siswa yang akan mengikuti SNBP dapat menyelesaikan pendaftaran hingga finalisasi. Pada bulan yang sama pendaftaran akun SNBT dibuka meski pendaftaran dibuka masih lama, siswa/i yang tidak memiliki rejeki ikut SNBP harus membuat akun pada awal tahun, jika tidak memuat akan berdampak pada siswa/i tidak bisa ikut SNBT.
 

Perlu diingat pembuatan akun SNBT dengan pendaftaran SNBT berjarak sangat jauh pastkan membuat akun jika ingin kuliah tahun ini jalur SNBT. Setelah siswa menyelesaikan proses pendaftaran hingga beberapa minggu dan melakukan finalisasi data maka siswa yang bersangkutan resmi terdaftar sebagai peserta SNBP. Untuk peserta SNBP Jalur KIP Kuliah harus melakukan pendaftaran KIP Kuliah terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mendaftar SNBP, sistem akan otomatis melakukan singkronisasi data.

Maret 2024

Jika terdapat kendala pendaftaran SNBP akan diperpanjang hingga bulan maret pastikan semua siswa melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

April 2024

Proses seleksi nilai rapot yang dilakukan oleh LPTK atau perguruan tinggi akan dimulai pada periode april hingga selesai jika berjalan lancar selesai pada bulan yang sama.

Mei-Juni 2024


Pengumuman dan pemeringkatan hasil SNBP, akan diumumkan secara online melalui situs resmi SNBP maupun website mirror bagi yang dinyatakan lulus dapat melaksanakan proses lanjutan sedangkan yang gagal dapat mengikuti seleksi tertulis.

Juni-Juli 2024

Pendaftaran ulang dan registrasi serta pemeriksaan kesehatan bagi peserta yang lulus dilanjutkan dengan pembayaran ukt sesuai dengan besaran masing-masing mahasiswa. Pada bulan yang sama pendaftaran SNBT dibuka seleksi tertulis yang bisa diikuti oleh siswa secara sendiri-sendiri tanpa melibatkan sekolah.

Itulah beberapa timeline SNBP, balik lagi ke pertanyaan sebelunya kapan SNBP dibuka ? Jawabnya untuk sekolah mulai desember sedangkan periode pendaftaran akun pada bulan Januari-Februari dilanjutkan dengan pendaftaran SNBP oleh siswa pada bulan feberua-maret. Intinya jika sudah masuk bulan Desember akhir siswa/i mulai bersiap untuk mengikuti seleksi SNBP sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.