Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar KIP Kuliah 2022/2023

Daftar KIP Kuliah 2022/2023 - Jangankan untuk memilikir kuliah terkadang untuk makan saja masih serba kekurangan tidak jarang orang tua mengharapkan setelah lulus sekolah anak bisa membantu orang tua untuk bekerja, disisi lain kita sering melihat semangat anak untuk terus belajar walaupun tanpa disuruh orang tua atau guru tetap saja menghabiskan banyak waktu untuk belajar.

Mereka memilih belajar dibandingkan menghabiskan waktu bermain games atau mengakses medsos, orang tua bukan tidak mau menyekolahkan anak ke perguruan tinggi tetapi bagi keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi kuliah merupakan hal yang menakutkan bagi orang tidak punya sudah pasti tentang biaya kuliah yang mungkin dengan menjual semua aset seperti rumah atau kebun saja masih tidak cukup.


Bahkan orang awam terutama yang berada di pedesaan tidak percaya adanya kuliah gratis, mereka membandingkan dengan sekolah saja yang gratis dari biaya tetap harus membayar uang seragam dan buku, kadang hutang biaya sekolah yang sudah lulus belum bisa lunas karena tidak ada uang, penghasilan yang didapat hanya cukup untuk makan dan menyicil hutang.

Itu yang kami rasakan sendiri sewaktu dulu kuliah, sebagian kecil orang tua yang tidak mampu memang memiliki prinsip nekat mereka rela menjual apa yang dimiliki untuk kuliah, namun sebagian besar bukan mereka tidak mau menjuat aset yang mereka miliki untuk biaya kuliah tetapi aset yang sudah ada sudah tergadaikan oleh hutang biaya hidup selama ini.

Itulah sedikit cerita dimana orang tua masih takut untuk kuliah, namun beruntung saat ini kita tinggal di Indonesia dimana pemerintah sangat memprioritaskan orang yang tidak punya namun anaknya memiliki prestasi saat sekolah berupa fasilitas KIP Kuliah dimana program ini lanjutan dari KIP Pelajar yang sudah pernah di peroleh selama sekolah.

Saat kuliah tinggal melanjutkan saja, perlu diketahui bantuan dari beasiswa KIP Kuliah ini memang full gratis biaya pendaftaran, biaya UKT dan perbulan akan mendapatkan bantuan biaya hidup selama sekolah yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti kebutuhan pokok, transportasi dan biaya sewa tempat tinggal.

Dengan kata lain selain dari kuliah gratis juga mendapatkan uang saku, jadi bagi kalian yang merasa memiliki prestasi akademik atau non akademik dan memiliki salah satu kartu bantuan dari perintah bisa mengikuti program KIP Kuliah, orang tua tidak mungkin tidak mengizinkan anaknya untuk kuliah jika memang benar-benar gratis, tinggal kita sebagai pelajar harus aktif mencari informasi dan mengikuti pendaftaran secara online.

Paling mudah adalah mengikuti program KIP Kuliah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN karena bisa serentak dengan pendaftaran KIP Kuliah dipastikan jika lulus dari salah satu jalur masuk tersebut sudah pasti akan mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

Sedangkan yang belum berkesempatan lulus di PTN bisa mengikuti jalur lainnya atau memilih kampus Perguruan Tinggi Swasta namun untuk proses pendaftaran KIP Kuliah di PTS harus sudah bertatus mahasiswa atau lulus seleksi terlebih dahulu. Bagi yang belum mengetahui detail pendaftaran berikut admin akan membahasnya seperti berikut :

 

Perguruan Tinggi Kerjasama KIP Kuliah

Semua Perguruan tinggi dari mulai akademi, sekolah tinggi, institut, politeknik, atau universitas yang terakreditasi baik dari akreditasi kampus sampai terakreditasi program studinya bisa ikut mendaftaran KIP Kuliah namun jika ragu bisa dicek terlebih dahulu melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ klik menu profil kampus apakah perguruan tinggi pilihan anda terdaftar di KIP kuliah atau tidak.

 

Keunggulan Penerima KIP Kuliah

Ada istilah orang awam KIP Kuliah merupakan kuliah gratis dan mendapatkan uang saku, hal itu memang benar adanya berikut rincian keunggulan penerima KIP Kuliah :

  1. Bebas biaya pendaftaran seleksi PTN (UTBK)
  2. Bebas biaya pendidikan yang akan dibayar langsung oleh perguruan tinggi.
  3. Mendapatkan bantuan biaya hidup mulai dari lulus KIP Kuliah untuk besaran sesuai dengan wilayah perguruan tinggi tempat kuliah.

 

Jangka Waktu KIP Kuliah

Jangka waktu adalah jangka waktu maksimal setiap penerima KIP Kuliah wajib menyelesaikan studi tepat waktu dan tidak boleh telat lulus, bantuan hanya akan diberikan pada jangka waktu yang sudah ditentukan rinciannya seperti dibawah :

  1. Khusus untuk S1 dan diploma 4 maksimal (8 semester)
  2. Untuk diploma 3 (6 Semester)
  3. Diploma 1 (4 Semester)
  4. Khusus program profesi dokter 4 semster
  5. Ners 2 Semester
  6. Apoteker 2 Semester 
  7. Guru 2 Semester.

 

Persyaratan Penerima KIP Kuliah

Peserta yang bisa mengikuti KIP kuliah mereka yang sudah punya KIP sewaktu sekolah dengan rincian lulusan tiga tahun terakhir terhitung dari tahun ini, tinggal di hitung mundur lulusan pelajar tahun ini dan dua tahun yang lalu, kesempatan pendaftaran KIP kuliah bisa dilakukan sebanyak 3 tahun, jika tahun ini mulai kuliah tapi belum mendapatkan KIP Kuliah masih bisa mendaftar dua tahun kedepan, untuk rincian persyaratan seperti berikut :

  1. Memiliki kartu KIP, Kartu PKH, Kartu KKS, mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang masuk data terpandu kesejahteraan sosial.
  2. Lulusan SMA/SMK atau bentuk lain sekolah sederajat yang lulus tahun ini atau dua tahun yang lalu.
  3. Memiliki potensi akademik tetapi keterbatasan secara ekonomi di dukung dokumen sah dari pemerintah desa/kelurahan setempat.
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru semua jalur masuk PTN, Poltek pada program studi yang terlah terakrediasi.
  5. Khusus yang sudah lulus PTS akan dibuka sedikitnya satu kali seleksi untuk pendaftaran KIP Kuliah di kampus, setiap kampus memiliki kebijakan masing-masing dapat ditanya ke pihak kampus terlebih dahulu sebelum mendaftar.
  6. Pendapatan kotor orang tua/wali paling banyak 4 juta perbulan tidak boleh melebihi atau perhitungan pendapatan kotor anggota keluarga 750 rb setiap anggota keluarga.

 

Panduan Pendaftaran KIP Kuliah

Pendaftaran melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui aplikasi KIP Kuliah yang ada di Play store
  1. Proses pendaftaran dapat dilakukan oleh siswa/i secara mandiri khususnya yang sudah diterima di perguruan tinggi atau sedang dalam proses seleksi.
  2. Klik menu Daftar baru kemudian mulai untuk membuat akun dengan masukan NIK, NISN, NPSN, Email mendaftar nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirim melalui email terdaftar.
  3. Setelah mengkompirmasi pendaftaran akun gunakan nomor pendaftaran dan kode akses untuk login dan menyelesaikan pendaftaran.
  4. Pastikan melengkapi dokumen dan upload semua syarat seperti surat keterangan tidak mampu dari pemerintah, data KTP, KK, dan beberapa dokumen lainnya sesuai format yang sudah ditentukan.
  5. Khusus yang memilih pendaftaran melalui jalur PTN, Politeknik Negeri dan kampus negeri bisa mendaftar serentak pada proses seleksi.
  6. Sedangkan untuk PTS wajib lulus terlebih dahulu kemudian proses pendaftaran akan diatur oleh pihak PTS dan harus mengikuti tahapan seleksi kelayakan yang diatur oleh kampus swasta.
  7. Setelah semua proses selesai antinya akan di verifikasi oleh panitia atau pihak perguruan tinggi.
  8. Hasil pengumuman dapat di cek secara berkala melalui akun KIP Kuliah yang sudah dibuat.

 

Kendala Pendaftaran

Bagi peserta yang memiliki kendala pada saat pendaftaran dapat mengirim pengaduan melalui email pengaduan@kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui layanan media sosial @puslapdik_dikbud instagram, atau bisa juga diskusi dengan pihak operator KIP Kuliah yang ada di kampus.

Posting Komentar untuk "Daftar KIP Kuliah 2022/2023"