Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Pendaftaran SNBP SNBT Politeknik Negeri Terbaru 2024/2025

Tahapan Pendaftaran SNBP SNBT Politeknik Negeri Terbaru 2024/2025 - Seleksi Politeknik Negeri banyak mengalami perubahan jika sebelumnya pendidikan vokasi memiliki jalur seleksi sendiri terpisah dari seleksi pada umumnya, setelah diambil alih oleh SNPMB bergabung menjadi satu. Jika dulu persaingan untuk masuk Politeknik Negeri jalur prestasi hanya di dominasi oleh SMK yang ada di Indonesia, namun saat ini berbeda karena sudah tergabung menjadi satu persaingan semua lulusan dari mulai SMA/SMK/MA.

Secara statistik memang mengalami peningkatan persaingan namun jika ditinjau dari efisiensi biaya tentu akan terasa lebih baik karena kita cukup mengikuti satu jenis seleksi dan sekali bayar bisa memilih 2 PTN dan Politeknik Negeri secara bersamaan, seperti contoh pilihan 1 PTN dan untuk pilihan kedua politeknik negeri.



Akan jauh lebih hemat biaya jika dibandingkan dulu, hanya saja lulusan SMK tidak lagi mendapat mengeculian seperti dulu, seleksi terpisah terutama pada jalur Berbasis Prestasi semua siswa/i lulusan semua sekolah menengah atas dapat mengikuti dan bersaing secara terbuka pada seleksi SNBP maupun SNBT.

Dibalik perubahan sistem seleksi ini tentu ada untung rugi terutama bagi lulusan SMK karena tidak ada perlakuan khusus untuk masuk Politeknik Negeri, persaingan semakin ketat dan peta persaingan semakin tinggi, keuntungan yang didapat bagi lulusan SMK tetap unggul pada bidang program studi yang dipilih karena memiliki keahlian khusus seperti skill yang sudah diperoleh selama sekolah menengah kejuruan. Admin akan membahas untung rugi seleksi SNBP dan SNBT Politeknik Negeri seperti berikut :


Keuntungan SNBP SNBT Politeknik Negeri
  1. Siswa/i Lulusan SMA/SMK/MA bebas memilih PTN, PTKIN, Polikteknik Negeri tanpa ada batasan.
  2. Siswa/i yang bersangkutan cukup membayar satu kali uang pendaftaran SNBT bisa memilih dua kampus negeri sekaligus.
  3. Tidak ribet cukup fokus pada seleksi SNBP atau SNBT saja mendapatkan kedua perguruan tinggi yang diinginkan.
  4. Untuk sekolah umum seperti SMA/MA yang selama ini kesulitan untuk ikut seleksi Politeknik Negeri saat ini sudah bisa ikut seleksi dengan satu kali mendaftar.
  5. Khusus untuk penerima KIP Kuliah bisa mengajukan beasiswa ini untuk PTN maupun Politeknik Negeri sekaligus.
  6. Tidak membuang-buang waktu persiapan tes kerena hanya mempelajari satu kali jenis tes seperti SNBT saja.
  7. Mayoritas SNBP SMK masih menjadi ranah lulusan Vokasi tidak akan diambil lapak oleh lulusan SMA.
  8. Politeknik Negeri semakin tinggi peminat dimana jika sebelumnya hanya diisi lulusan SMK saat ini lebih beragam karena lulusan SMA juga bebas memilih.

Kekurangan SNBP SNBT Politeknik Negeri
  1. Tidak ada perlakuan khusus untuk lulusan pendidikan vokasi seperti dulu semua lulusan sama.
  2. Persaingan semakin ketat karena bukan hanya lulusan SMK saja yang bisa ikut seleksi Politeknik Negeri.
  3. Keberlanjutan pendidikan vokasi dari SMK ke Politeknik Negeri akan semakin sulit karena semua lulusan bisa masuk bahkan tidak menutup kemungkinan lulusan SMK akan mudah tersingkir dan dominasi lulusan SMA di politeknik negeri bisa terjadi.
  4. Politeknik Negeri kalah populer dengan PTN sehingga sedikit yang akan memiliki Politeknik Negeri.
  5. Kuota yang tidak sebanding dengan yang diperebutkan karena tercampur menjadi satu.
  6. Politeknik Negeri akan menjadi pilihan kedua dan seringkali mendapatkan mahasiswa kwalitas kedua setelah PTN.
  7. Khusus untuk pendidikan kedokteran tidak tersedia di Politeknik Negeri.
  8. Tidak menutup kemungkinan Politeknik Negeri sepi peminat
  9. Tidak ada beda lulusan Vokasi dengan umum.

Tujuan diadakan pendidikan vokasi seperti SMK maupun Politeknik Negeri untuk keberlangsungan pendidikan vokasi, saat ini kita bisa memilih untuk melanjutkan atau malah memulai saat di perguruan tinggi, itu akan berdampak baik pada iklim pendidikan vokasi yang sudah lama menjadi anak tiri dan tidak begitu diperhatikan.

Melalui seleksi SNBP dan SNBT ini diharapkan dapat memberikan gairah kembali pada pendidikan vokasi khususnya pendidikan tinggi vokasi seperti politenkik negeri, dimana mereka yang dar SMK dapat melanjutkan basis pendidikanya, sedangkan untuk lulusan umum seperti SMA dapat memulai belajar pendidikan vokasi pada perguraun tinggi.

Tidak ada istilah perbedaan semua tujaun pendidikan akan dikelolah oleh kemdikbud, hal itu cukup adil mengingat selama ini kedua pendidikan ini sudah lama terpisah, sekarang waktu yang tepat untuk mengembalikan citra pendidikan yang setara tanpa membedakan satu sama lain. Lantas bagaimana cara mengikuti seleksi SNBP maupun SNBT Politeknik Negeri untuk lebih jelas seperti berikut :


SNBP Politeknik Negeri

Langkah awal yang tidak boleh ketinggalan adalah membuat akun sembari menunggu hasil pemilihan dari sekolah, baik yang tidak mendapatkan kuota SNBP atau yang mendapatkan kuota semua harus membuat akun, karena sistem SNBP berbasis prestasu dan udangan yang memiliki wewenang adalah sekolah, jika dirasa siswa/i tidak memiliki prestasi akademik maupun non akademik maka akan sulit untuk mengikuti seleksi ini, adapun urutan pendaftaran SNBP Politeknik Negeri sebagai berikut :
  1. Membuat akun portal SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ klik menu daftar.
  2. Setelah mendaftar jangan lupa untuk menyelesaikan pembuatan akun dengan verifikasi ke email terdaftar.
  3. Setelah selesai tinggal tunggu pengumuman dari sekolah setelah pengisian PDSS selesai maka siswa/i dapat melakukan pendaftaran SNBP.
  4. Langkah selanjutnya peserta SNBP dapat melakukan simpan permanen akun dengan melengkapi data pembuatan akun.
  5. Biasanya siswa/i yang dapat mengikuti SNBP akan diinfokan oleh sekolah sejak awal, bagi yang berminat untuk memilih Politeknik Negeri dapat memilih sejak awal.
  6. Setelah semua proses pendaftaran PDSS sekolah selesai siswa/i yang bersangkutan dapat langsung mendaftar dan melengkapi form pendaftaran pada link yang sama https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pilih menu Pengisian Biodata SNBP.
  7. Pada menu tersebut pastikan kalian sudah melakukan simpan permanen akun SNPMB.
  8. Isi Data Diri, data orang tua, data prestasi, data ekonomi keluarga, pilih kampus dan program studi, data lainnya secara lengkap.
  9. Setelah selesai pastikan melakukan simpan permanen pendaftaran SNBP.
  10. Khusus untuk yang ingin mengikuti KIP Kuliah harus melakukan pendaftaran akun KIP Kuliah terlebih dahulu melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ bagi yang tidak silahkan lewati.
  11. Setelah selesai cetak kartu tinggal tunggu pengumuman.
  12. Link pengumuman melalui https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

SNBT Politeknik Negeri

Jalur SNBT merupakan jalur seleksi tertulis dengan sistem merdeka dan bisa mendaftar secara langsung tanpa harus menunggu dari sekolah, SNBT menjadi salah satu seleksi yang paling bergengsi dimana tidak sebatas untuk menentukan lulus atau tidak SNBT tetapi mengukur kemampuan siswa/i secara nasional bahkan sampai pada tahapan mengukur peringkat nasional sekolah berdasarkan nilai rata-rata SNBT. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan jangan sampai kewatan jika ingin ikut SNBT diantarnya :

  1. Pembuatan akun SNPMB SNBT biasanya terpisah jauh dilakukan dibulan Januari - Feberuari sedangkan untuk pendaftaran masih pertengahan tahun, pastikan peserta tidak ketinggalan membuat akun jangan tunggu pendaftaran karena masa pembuatan akun sudah tutup.
  2. Untuk membuat akun dapat mengakses link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  3. Lakukan verifikasi
  4. Simpan Permanen Akun
  5. Setelah itu masuk kembali atau login https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pada saat pendaftaran SNBT dibuka.
  6. Setelah itu pilih menu Pengisian Biodata SNBT
  7. Isi data diri, data pendidikan, dara orang tua, data prestasi, pilih kampus maupun jurusan,  data keuangan, jika sudah lengkap jangan lupa untuk simpan permanen.
  8. Setelah itu tinggal cetak kartu.
  9. Ikuti seleksi Gelombang 1 atau Gelombang 2 sesuai dengan jadwal yang ada di kartu.
  10. Jika sudah selesai tunggu hasil pengumuman.
  11. Pengumuman dapat diakses melalui link https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
Apabila sudah selesai maka tinggal melakukan registrasi ulang bagi yang dinyatakan lulus sedangkan yang tidak lulus dapat mengikuti jalur lain seperti Seleksi Mandiri. Selamat Mencoba.