Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023

Alur Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023 - Pendaftaran SNMPTN, Registrasi Akun LTMPT, Info Pendaftaran, pembuatan akun SNMPTN, Pemeringkatan SNMPTN, Pengisian Form SNMPTN, Finalisasi data, Daftar SNMPTN, SNMPTN.ac.id , Portal.Ltmpt.ac.id. Login SNMPTN, KIP Kuliah SNMPTN. 

Penerimaan SNMPTN akan dibuka setiap tahun, bagi yang sekarang berada di kelas 12 sekolah menengah atas dan SMK/MA wajib mempersiapkan diri. Salah satu persiapkan yang harus dilakukan adalah melakukan kordinasi ke pihak sekolah terkait dengan proses rekomendasi apakah menjadi salah satu siswa/i yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah atau tidak.


Proses rekomendasi dan pengisian data pdss akan dilakukan oleh sekolah berdasarkan pertimbangan nilai rapot sekolah selama ini, mereka yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang baik saat disekolah dipastikan mendapatkan rekomendasi, proses ini merupakan tahap awal pendaftaran dimana murni ditentukan oleh sekolah.

Namun proses awal rekomendasi bukan hasil final dimana akan ada penetapan kelayakan seperti pemeringkatan, hasil itulah yang akan menentukan seseorang dapat mendaftar SNMPTN atau tidak, sembari menunggu hasil pemeringkatan, setiap siswa/i yang sudah direkomendasikan wajib membuat akun LTMPT.

Dimana akun ini berfungsi untuk login ketika nanti lulus pemeringkatan, proses pembuatan akun secara online melalui situs resmi portal.ltmpt.ac.id setelah aktivasi jangan lupa untuk melakukna verifikasi dan validasi data baru setelah akun ready tunggu hasil peringkatan, nantinya login tersebut digunakan untuk mendaftar.

Bagi yang belum mengetahui rincian mengenai pendaftaran SNMPTN berikut kami berikan secara rinci untuk lebih jelas seperti dibawah ini, diurutkan berdasarkan prosedur pendaftaran akun, baru melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN untuk lebih jelas simak selengkapnya seperti berikut ini :

 

Pembuatan akun oleh siswa   

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin mendaftarkan SNMPTN adalah melakukan terlebih dahulu registrasi akun LTMPT pada laman https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Registrasi akun LTMPT ini disediakan dua opsi yaitu untuk sekolah dan siswa. 
  3. Pilih opsi siswa dengan klik tombol berwarna biru yaitu daftar atau dengan mengunjungi laman https://portal.ltmpt.ac.id
  4. Siswa diwajibkan untuk mengisi borang kosong dengan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir. 
  5. Lalu untuk siswa luar negeri yang berasal dari sekolah Rakyat Indonesia (SRI) bisa mengiri NPSN dengan 69999999. 
  6. Jika sudah mengisi semua borang kososng sesuai dengan ketentuan maka klik tombol berwarna biru “selanjutnya”.

 

Validasi dan verifikasi data

  1. Setelah berhasil membuat akun LTMPT, maka tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh siswa adalah tahapan validasi dan juga tahapan verifikasi data. 
  2. Siswa akan diarahkan langsung menuju ke dashboard portal LTMPT. 
  3. Siswa memilih menu verifikasi data sekolah atau siswa (VERVAL). 
  4. Pada laman ini, periksalah data siswa dengan cermat. 
  5. Isilah borang kosong dengan kombinasi NIK, agama, alamat, nomor telepon dan yang lainnya. Namun apabila ada kesalahan data maka bisa dilakukan perubahan lewat sekolah anda, jika sudah maka tekan tombol Perbarui data.
  6. Lalu tekan tombol selanjutnya sehingga siswa bisa berpindah ke laman verifikasi riwayat sekolah. 
  7. Periksalah kevalidan data anda. 
  8. Kemudian tekan tombol selanjutnya sehingga anda bisa berpindah ke laman selanjutnya untuk mengunggah pasfoto. 
  9. Lalu unggah pasfoto sesuai dengan ketentuan yang diminta. Jika sudah sesuai maka klik tombol Unggah berwarna hijau. 
  10. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi akhir data siswa. 
  11. Disana siswa diminta untuk melihat data diri pribadi apakah sudah benar dan sesuai atau belum. Siswa juga diminta untuk memeriksa data riwayat sekolah. 
  12. Jika masih ada kesalahan, maka siswa bisa memperbaiki datanya melalui pihak sekolah. 
  13. Namun jika merasa data yang diunggah sudah benar semuanya maka siswa bisa centang pernyataan yang ada di bawah dan klik tombol simpan permanen berwarna hijau yang ada dibawah. 
  14. Data yang disimpan secara permanen sudah tidak bisa lagi diubah.

 

Pemeringkatan

  1. Tahapan selanjutnya adalah pemeringkatan atau seleksi SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. 
  2. Siswa tinggal menunggu pengumuman pemeringkatan, bagi yang lulus dapat melanjutkan ke proses pendaftaran SNMPTN.
  3. Untuk mengecek hasil pemeringkatan dapat diakses melalui pengumuman.snmptn.ac.id

 

Pengisian Biodata

  1. Setelah berhasil melakukan verifikasi dan lulus pemeringkatan, calon peserta SNMPTN diharapkan login ke situs resmi SNMPTN.ac.id untuk mulai mendaftar.
  2. Pada dasboard akan muncul form online yang wajib diisi seperti data diri.
  3. Data keluarga
  4. Data penghasilan.
  5. Data Pendidikan lengkap
  6. Isi sesuai dengan identitas asli

 

Upload Dokumen

  1. Dokumen pendukung seperti persyaratan wajib di scan dan diupload.
  2. Selain itu beberapa dokumen tambahan seperti bukti prestasi wajib di upload juga.

 

Memilih PTN

  1. Jika sudah validasi dan verifikasi data, maka selanjutnya siswa diharapkan untuk memilih PTN sesuai dengan keinginan. 
  2. Siswa dapat memilih PTN dan program studi yang diinginkan untuk tahapan SNMPTN, setidaknya siswa bisa memilih paling banyak dua PTN dan dua program studi.

 

Mengunggah portfolio

  1. Kemudian setelah memilih PTN dan program studi, siswa yang memilih program studi yang berkaitan dengan seni dan olahraga bisa mengunggah portfolio sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

Mengisi data keuangan

  1. Siswa sebagai pendaftar SNMPTN juga diminta untuk mengisi data pendidikan keuangan yang biasanya berkaitan dengan gaji orang tua. 
  2. Nantinya data ini bisa berguna untuk menentukan seberapa besar biaya atau Uang Kuliah Tunggal mahasiswa. 

 

Verifikasi Beasiswa 

  1. Khusus peserta yang terdaftar KIP Kuliah wajib melakukan verifikasi sebagai calon penerima Beasiswa.
  2. Isi kode verifikasi yang sudah diterima saat mendaftar KIP Kuliah.
  3. Jangan lupa verifikasi
  4. Khusus yang tidak mengikuti jalur KIP Kuliah dari SNMPTN tidak perlu diisi.

 

Finalisasi dan cetak

  1. Setelah selesai mengisi semua data yang dibutuhkan untuk pendaftaran SNMPTN, maka siswa bisa melakukan lagi pemeriksaan terhadap data yang mereka input untuk SNMPTN, siswa diminta untuk mereview resume sebelum melakukan finalisasi data SNMPTN. 
  2. Jika sudah maka siswa bisa melakukan finalisasi yang artinya data nantinya sudah tidak bisa diubah lagi. 
  3. Kemudian siswa bisa mencetak form pendaftaran SNMPTN.


Itulah beberapa rangkain pendaftaran SNMPTN yang harus dilakukan, pihak sekolah akan melakukan proses rekomendasi dan entri data, sementara siswa/i mempersiapkan diri seperti membuat akun, menunggu hasil pemeringkatan kelayakan dan mengisi form pendaftaran apabila sudah lulus pemeringkatan.

Ada banyak kasus yang terjadi setiap tahun dimana yang bersangkutan salah mengisi data menyebabkan kelulusan di batalkan, oleh sebab itu pastikan semua data terisi dengan benar, apabila semua sudah selesai lakukan finalisasi untuk mengakhiri pendaftaran, baru kemudian sesuai jadwal yang sudah ditentukan peserta melakukan cetak kartu peserta. Semoga informasi yang sudah diberikan dapat di mengerti dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Alur Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id Terbaru 2022-2023"