Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Pendaftaran span.ptkin.ac.id Terbaru TA 2024/2025

Tutorial Pendaftaran Online span.ptkin.ac.id Terbaru TA 2024/2025 - Pendaftaran SPAN PTKIN - SPAN PTKIN - Pemerintah mengelompokan jalur masuk berdasarkan jenisnya dimana setiap jalur masuk yang dibuka akan mewakili jenis pendidikan tinggi, sebut saja seperti SPAN PTKIN dibentuk untuk menyalurkan siswa/i yang berlatar belakang lulusan sekolah menengah atas keagamaan islam atau madrasah aliyah, dan lulusan pesantren.

Jalur Masuk SPAN PTKIN ini memang memprioritaskan mereka yang sekolah madrasah aliyah sederajat atau siswa/i yang sekolah umum tetapi ikut pendidikan pesantren, sistem seleksi lebih menekankan prestasi selama sekolah unggul dalam mata pelajaran umum maupun mata kuliah keagmaan islam. Untuk sekolah menengah atas sederajat juga bisa mengikuti jalur masuk SPAN PTKIN, tidak hanya terbatas oleh MA atau pesantren saja. 


Prestasi akademik maupun akademik bisa menjadi persyaratan utama untuk bisa mendaftar, sekolah akan memilih dan menentukan siapa saja yang layak, dan akan disalurkan ke UIN/IAIN/STAIN yang diminati, sistem seleksi ini diatur dan diselenggarakan dibawah kementerian agama langsung tentu berbeda dengan jalur masuk sejenis lainnya.

Awal pendaftaran akan dilakukan oleh sekolah nantinya sekolah akan memilih siapa saja yang layak dan memenuhi syarat untuk ikut jalur SPAN PTKIN, semua data yang dibutuhkan akan di entri oleh pihak sekolah setelah itu sistem pendaftaran akan membuat pemeringkatan berdasarkan nilai rapot dan data prestasi yang sudah di dapat oleh masing-masing siswa/i selama sekolah.

Sebagai tanda memenuhi syarat dan bisa lanjut mendaftar setiap siswa/i yang dinyatakan layak akan menerima username dan password dari pihak sekolah dan akan dibagikan secara langsung, setelah menerima akun bisa langsung mengunjungi situs resmi SPAN PTKIN untuk login dan melakukan verifikasi data serta melai pendaftaran.

Pelaksanaan pendaftaran dibuka setiap awal tahun serentak dengan jalur masuk berbasis undangan lainnya, hanya saja SPAN PTKIN lebih spesifik pada jalur masuk yang diadakan secara nasional berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik atau prestasi keagamaan islam. Bagi yang memiliki kelebihan tersebut pasti bisa mengikuti jalur masuk SPAN PTKIN.

Hanya saja tidak setiap sekolah mengikut sertakan jalur masuk PTKIN, biasanya masih banyak sekolah terutama sekolah di daerah yang belum mengikuti jalur masuk ini, tugas kita sebagai siswa/i harus turut aktif mencari informasi dan membagikannya ke pihak sekolah jika sekolah belum termasuk salah satu sekolah yang belum terdaftar.

Proses pendaftaran akan dilaksanakan secara daring melalui website resmi SPAN-PTKIN.ac.id untuk sistem seleksi akan ditentukan dari hasil pemeringkatan nilai mata pelajaran yang dulu diujikan sebagai mata pelajaran ujian nasional yang ada di rapot.  bagi yang sudah menerima selesai diproses sekolah agar sekiranya dapat langsung mendaftar, agar pendaftaran yang dilakukan berjalan lancar tidak ada kesalahan sebaiknya baca terlebih dahulu Tutorial Pendaftaran Online SPAN PTKIN :


Syarat Bagi Siswa Mengikut SPAN PTKIN

  1. Satuan pendidikan diniyah formal atau pendidikan kesetaraan pondok pesantren salafiyah/Mu 
  2. Siswa lulusan pendidian MA/MAK/SMA/SMK 
  3. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi syarat dan ketentuan masing-masing PTKIN.
  4. Memiliki NISN
  5. Memiliki Nilai Rapot kelas X-XII
  6. Data PDSS diisi oleh sekolah 

 

Registrasi Akun SPAN PTKIN
  1. Proses pendaftaran akun bisa dilakukan melalui aplikasi di playsotre cari Pendaftaran Siswa SPAN-PTKIN Panitia Nasional SPAN dan UM-PTKIN
  2. Atau Kunjungi website https://span.ptkin.ac.id/
  3. Registrasi menggunakan NISN, NPSN, dan Email aktif siswa
  4. Validasi akan dikirim ke email siswa

Login & Pengisian Data
  1. Login pada https://span.ptkin.ac.id/
  2. Cek Data dan Nilai Rapot
  3. Hubungi operator sekolah jika ada data dan nilai yang salah
  4. Upload rapot dan Prestasi kelas 10/1 10/2 11/1 11/2 dan 12/1 
  5. Upload Prestasi tambahan bagi yang memiliki 

Pemilihan Prodi
  1. Memilih Program Studi pada PTKIN 1 dan PTKIN 2
  2. Siswa dapat memilih 2 PTKIN yang diminati
  3. Siswa dapat memilih 2 Program Studi yang diminati pada PTKIN masing-masing
  4. Urutan Prioritas kelulusan ditentukan berdasarkan urtan pilihan program studi.


Cetak Bukti Pendaftaran

  1. Setelah semua berhasil dikirim silahkan untuk melakukan cetak bukti pendaftaran 
  2. Pengumuman hasil kelulusan akan disampaikan melalui link https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/


Jika ingin mengetahui informasi lain terkait dengan pendaftaran SPAN-PTKIN, maka siswa bisa langsung mengunjungi website resmi dari pendaftaran SPAN-PTKIN yaitu pada laman https://span.ptkin.ac.id/ karena pada laman tersebut ada beberapa informasi penting terkait dengan pendaftaran SPAN-PTKIN mulai dari tanggal pelaksanaan hingga persayaratan.