Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan Dikdin.Bkn.go.id Terbaru 2022-2023

Petunjuk Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan Dikdin.Bkn.go.id 2022-2023 - Pendaftaran Sekolah Kedinasan, Rekrutmen Sekolah Kedinasan, Pendaftaran Dikdin, Buat Akun Dikdin, Pendaftaran SSCASN, Info penerimaan Sekolah Kedinasan, Pendaftaran Ikatan Dinas, Pendaftaran Online Ikatan Dinas.
 
Pemerintah melalui kementerian terkait membuka rekrutmen khusus sekolah kedinasan, seleksi khusus ini akan merekrut calon taruna/i melalui skema ikatan dinas dimana siapa saja yang lulus akan mendapatkan pendidikan kedinasan sesuai dengan formasi yang dipilih dari mulai D1 sampai dengan D4. Setiap tahun kuota penerimaan sekolah kedinasan berbeda tergantung kebutuhan.

Bedanya sistem rekrutmen sekolah kedinasan menggunakan sistem rekrutmen CPNS nantinya akan langsung menjadi ASN apabila sudah selesai sekolah, bagi kalian yang sudah mempersiapkan diri sejak lama ini saat yang dinanti oleh setiap peserta dan berancana untuk mengikuti seleksi sebaiknya persiapkan dokumen lengkap seperti KTP, KK, dan lainnya.
 
 

 
Khusus penerimaan sekolah kedinasan akan dibuka pendaftaran secara online sesuai dengan formasi yang dibutuhkan, pembagian formasi akan ditentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah dan tersebar diseluruh wilayah indonesia bagi yang berminat mendaftar diharapkan memperhatikan lokasi formasi yang akan menentukan dimana akan ditempatkan dan menjalani pendidikan setelah lulus.

Meski memiliki kesamaan dari sekolah kedinasan lokasi formasi berbeda sesuaikan dengan dominsili, paling enak mendaftar sekolah kedinasan yang dekat dengan lokasi domisili tempat tinggal. Kabar baiknya proses rekrutmen sekolah kedinasan ini dibuka untuk semua jurusan sekolah baik SMA/SMK/MA/Paket C sederajat bisa ikut tidak ada batasan lulusan.

Untuk proses seleksi pasti sudah tidak asing lagi, sama seperti seleksi masuk militer dimana ada tahapan yang harus diikuti dari mulai pendaftaran, verifikasi adminstrasi, pembayaran, penjadwalan seleksi, seleksi kesehatan, tes fisik, psikotes, hinggal CAT dan pantuhir, semua tahapan itu harus diikuti dengan menggunakan sistem gugur.

Mereka yang tidak lulus tidak akan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, untuk proses awal yang harus dilakukan yaitu medaftar secara online hingga selesai, bagi yang belum paham proses pendaftaran dapat membaca petunjuk Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan Dikdin.bkn.go.id Terbaru untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

1. Mengunjungi laman

  1. Kunjungi situs resmi https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Jika anda ingin melakukan pendaftaran secara online untuk sekolah kedinasan DIKDIN maka anda bisa lebih dulu mengunjungi laman resminya yang bisa secara langsung anda akses pada laman berikut ini https://dikdin.bkn.go.id.

 

2. Membuat akun

  1. Selanjutnya anda bisa membuat akun dengan klik menu Registrasi, nantinya anda akan diarahkan ke halaman website https://dikdin-daftar.bkn.go.id. 
  2. Untuk membuat akun maka anda diminta untuk mengisi beberapa kelengkapan seperti NIK, nomor kartu keluarga / NIK kepala keluarga, setelah itu anda harus mencentang captha pada kolom I’m not robot. 
  3. Setelah itu klik lanjutkan pada tombol di bawah. 
  4. Setelah itu anda akan diminta untuk mengunggah pas foto dengan syarat yang telah ditentukan dan mengisi beberapa data lagi. 
  5. Data yang telah disimpan tidak bisa dirubah dan diperbaiki sehingga pastikan anda sudah mengisinya dengan benar dan sesuai.
  6. Klik tombol selanjutnya, lalu kemudian anda akan diarahkan ke halaman dimana anda diminta untuk mencetak informasi pendaftaran atau bukti untuk membuat akun. 
  7. Klik pilihan cetak informasi pendaftaran sebagai bukti bahwa anda telah membuat akun. Simpan kartu itu dengan baik-baik. 
  8. Jangan lupa cetak resume pendaftaran.

 

3. Melakukan Login

  1. Jika sudah selesai membuat akun, maka selanjutnya anda bisa melakukan login dengan mengunjungi laman https://dikkdin.bkn.go.id kemudian klik tombol Login yang tertera pada sudut kanan atas.

 

4. Mengunggah Swafoto

  1. Selanjutnya anda akan diarahkan kembali ke laman selanjutnya untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan yang ada.
  2. Jika foto yang anda unggah sudah sesuai dengan ketentuan, maka anda bisa klik tombol Selanjutnya.

 

5. Memilih sekolah

  1. Langkah selanjutnya anda kemudian akan diarahkan untuk memilih sekolah yang anda inginkan. 
  2. Pilihlah sekolah dan jenis formasi sesuai dengan peminatan anda kemudian klik tombol Pilih. Setelah itu anda diminta untuk mengisi data mengenai pendidikan terakhir anda. 
  3. Kemudian diminta untuk mengisi juga jurusan yang ada, lokasi formasi tes, memilih provinsi tempat sekolah lama anda berada, tahun lulus, nomor ijazah, dan kode captha yang muncul. 
  4. Pastikan bahwa anda sudah mengisi semua data dengan lengkap dan juga benar, bila ada data yang kurang lengkap maka nantinya sistem akan mengeluarkan notifikasi dan anda diminta lagi mengisinya.
  5. Setelah itu dalam tahapan ini anda juga akan diminta untuk melakukan pengisian nilai, pengisian bodata lanjutan, dan mengunggah dokumen yang sesuai dengan syarat yang diminta. 
  6. Pastikan bahwa semua yang anda masukkan sudah sesuai dan benar. 
  7. Setelah calon peserta melengkapi semua tahapan di atas, maka periksa kembali resume pendaftaran yang tampil dan pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh calon peserta. 
 

6. Tahap finalisasi

  1. Sesudah mengisi semua data dan mengunggah semua berkas yang diminta, calon peserta diminta untuk klik Akhiri Proses Pendaftaran sebagai proses atau tahap finalisasi. 
  2. Nantinya jika anda sudah mencentang kotak ini maka anda tidak bisa mengubah lagi data yang ada, jadi kami menyarankan supaya sebelumnya anda memeriksa kembali data anda terlebih dulu karena nantinya sudah tidak bisa dirubah lagi.

 

7. Verifikasi Admistrasi

  1. Data yang telah dikirim akan diverifikasi oleh panitia instansi terkait melalui sistem.
  2. Untuk mengecek status verifikasi apakah lulus atau tidak cara mudah tinggal login kembali menggunakan akun SSCASN yang sudah ada.
  3. Isi NIK maupun password.
  4. Pada menu form ada status verifikasi seleksi adminstrasi.
  5. Apabila lulus bisa langsung melakukan pembayaran.
  6. Namun jika tidak lulus ada waktu sanggahan untuk memperbaiki data yang salah/tidak sesuai.

 

8. Pembayaran

  1. Hanya siswa/i yang dinyatakan lulus verifikasi adminstrasi saja yang bisa melakukan pembayaran uang pendaftaran.
  2. Bawa kode bayar yang sudah diterima ke bank BUMN terdekat.
  3. Bayar sesuai jumlah yang sudah ditetapkan.
  4. Simpan bukti bayar.
  5. Setelah itu tinggal lagin kembali ke situs dikdin.bkn.go.id untuk melakukan kompirmasi pembayaran.
  6. Beberapa sekolah kedinasan mengharuskan peserta untuk melakukan kompirmasi pembayaran secara manual.
  7. Sedangkan sebagian besar jika tidak ada kendala sistem akan terkompirmasi otomatis setelah dilakukan pembayaran, tergantung masing-masing sekolah kedinasan yang dipilih.
  8. Sebaiknya untuk memastikan login kembali setelah melakukan pembayaran.

 

9. Mencetak kartu

  1. Proses finalisasi telah selesai, selanjutnya calon peserta diminta untuk mencetak kartu. 
  2. Klik tombol iya dan kemudian klik tombol cetak kartu informasi akun dan nanti klik lagi cetak kartu pendaftaran sehingga bisa melanjutkan ke proses pembayaran. 
  3. Untuk informasi lebih lanjutnya anda bisa langsung mengunjungi laman resminya di https://dikdin.bkn.go.id.

Posting Komentar untuk "Petunjuk Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan Dikdin.Bkn.go.id Terbaru 2022-2023"